Manajemen Keuangan - Pengertian, Fungsi, Konsep, Tujuan Terlengkap!

Pengertian manajemen keuangan menurut para ahli - Manajemen keuangan  mengacu pada semua kegiatan atau kegiatan perusahaan untuk menggunakan dan mengalokasikan dana perusahaan secara efisien.

Pengertian Manajemen keuangan

Beberapa pengertian manajemen keuangan adalah:
  1. Bambang Riyanto: Pengertian manajemen keuangan adalah semua kegiatan perusahaan terkait untuk memperoleh dana yang diperlukan dengan biaya minimal, serta kondisi yang paling menguntungkan dan upaya yang dilakukan untuk menggunakan dana ini seefisien mungkin.
  2. Suad Husnan: Manajemen Fungsi Keuangan.
  3. James Van Horne: semua kegiatan yang berkaitan dengan akuisisi, pembiayaan, dan pengelolaan aset dengan tujuan global.
  4. Grestenberg: bagaimana perusahaan diorganisasikan dapat memperoleh dana, cara mendapatkannya, bagaimana mereka digunakan dan bagaimana bisnis didistribusikan.
  5. Liefman: upaya untuk dapat menyediakan uang dan menggunakan uang untuk mendapatkan atau juga mendapatkan aset.
Manajemen keuangan adalah suatu proses dalam kegiatan keuangan perusahaan yang terkait dengan upaya untuk memperoleh dana dari perusahaan dan meminimalkan biaya perusahaan, serta upaya manajemen keuangan suatu badan usaha atau organisasi untuk mencapai tujuan keuangan yang telah ditentukan.

Konsep Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan adalah manajemen fungsi keuangan. Sedangkan fungsi keuangan adalah kegiatan umum yang harus dilakukan oleh mereka yang bertanggung jawab di bidang tertentu. Fungsi manajemen keuangan adalah menggunakan dana dan menginvestasikan dana.

Manajemen keuangan (manajemen keuangan) mengacu pada semua aktivitas perusahaan yang terkait dengan bagaimana perusahaan memperoleh dana, menggunakan dana, dan mengelola aset sesuai dengan tujuan keseluruhannya.

Manajemen keuangan menyangkut 3 kegiatan yang adalah sebagai berikut:

  1. Penggunaan dana, itu adalah kegiatan untuk dapat menginvestasikan dana dalam berbagai aset.
  2. Kegiatan penggalangan dana adalah kegiatan yang bertujuan untuk memperoleh sumber pembiayaan, baik dari sumber pendanaan internal maupun dari sumber eksternal pembiayaan bisnis.
  3. Kegiatan manajemen aset, yaitu, setelah dana diperoleh dan dialokasikan sebagai aset, dana harus dikelola seefisien mungkin.

Tujuan manajemen keuangan

Tujuan dari manajemen keuangan adalah untuk memaksimalkan nilai bisnis. Tujuan bisnis adalah untuk memaksimalkan kesejahteraan pemiliknya. Kesejahteraan pemegang saham ditunjukkan oleh harga pasar perusahaan, yang dimaksudkan untuk mencerminkan keputusan investasi, keuangan, dan manajemen. keberhasilan keputusan komersial dinilai dari dampaknya terhadap harga saham.

Dalam pengelolaan bisnis perusahaan, beberapa orang lagi dikelompokkan menjadi tiga kelompok, yaitu:

Kelompok manajemen (implementasi operasional) atau tingkat pelaksana, termasuk pengawas.
Ini adalah kelompok manajemen menengah, termasuk kepala departemen, manajer divisi, dan manajer cabang.
Manajemen eksekutif atau juga disebut manajemen puncak eksekutif, dia, sebagai kepala fungsi: pemasaran, pengeluaran, produksi, layanan dan akuntansi.

Fungsi manajemen keuangan

Fungsi manajemen keuangan adalah sebagai berikut:

Keputusan investasi

Ini adalah investasi sebagai investasi bisnis dalam aset riil dan aset keuangan. Keputusan keuangan adalah keputusan tentang aset mana yang akan dikelola oleh perusahaan. Keputusan investasi akan secara langsung memengaruhi jumlah (laba atas investasi) atau laba atas investasi dan arus kas perusahaan di masa depan.

Fungsi keputusan pendanaan

Keputusan pembiayaan ini adalah untuk mempelajari sumber-sumber pembiayaan kewajiban. Untuk alasan ini, perlu memperhatikan sumber pembiayaan yang paling murah dan kondisi yang menguntungkan. Realisasi dana dapat dilakukan oleh sumber internal maupun oleh sumber eksternal perusahaan.

Keputusan dividen

Keputusan ini diambil untuk menentukan:
  1. Persentase laba yang dapat dibagikan dengan pemegang saham dalam bentuk dividen tunai,
  2. Stabilitas dividen untuk didistribusikan.
  3. (Dividen dalam saham) Dividen dalam saham.
  4. (stock split) Memecahkan tindakan.
  5. Penarikan saham beredar.

Belum ada Komentar untuk "Manajemen Keuangan - Pengertian, Fungsi, Konsep, Tujuan Terlengkap!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel