Pengertian Manajemen Keuangan: Definisi, Fungsi, Tujuan dan Konsep

Pengertian Manajeman Pemasaran

Apa itu manajemen pemasaran? Definisi Pengertian Manajemen pemasaran adalah serangkaian proses untuk menganalisis, merencanakan, menerapkan, memantau dan mengendalikan kegiatan pemasaran yang bertujuan untuk mencapai tujuan perusahaan secara efektif dan efisien. 
Ini juga dapat diartikan sebagai alat untuk menganalisis, merencanakan, mengimplementasikan dan mengendalikan program dalam perusahaan yang dirancang untuk membuat, mengembangkan, dan memelihara pertukaran untuk menghasilkan manfaat. Keuntungan ini nantinya akan bekerja untuk mencapai tujuan utama perusahaan.

Di situs Wikipedia bahasa Indonesia, konsep manajemen pemasaran mengacu pada proses penetapan tujuan pemasaran di dalam organisasi. Ini termasuk semua kegiatannya tentang bagaimana mencapai tujuan-tujuan ini sambil mengukur kemajuan pada tingkat apa, mempertimbangkan peluang pasar dan sumber daya internal.

Manajemen (baca: Pengertian manajemen) di bidang pemasaran adalah manajer pemasaran yang akan mempelajari struktur pembiayaan, sumber pendapatan, sumber daya dan keterampilan. Hal lain yang tidak dilupakan oleh manajer pemasaran adalah diferensiasi produk dan posisi kompetitif, tingkat integrasi vertikal, sejarah respons pengembangan industri, dan faktor-faktor lain yang masih terkait dengan pesaing.

Definisi manajemen pemasaran menurut para ahli

Beberapa pakar pemasaran menjelaskan apa yang dimaksud dengan manajemen pemasaran, yang meliputi:

1. Philip Kotler (1980)
Menurut Philip Kotler, manajemen pemasaran adalah proses menganalisis, merencanakan, mengimplementasikan dan memonitor program-program yang bertujuan menghasilkan pertukaran dengan pasar sasaran untuk mencapai tujuan perusahaan.

2. Dharmmesta dan Handoko (1982)
Menurut Dharmmesta dan Handoko, konsep manajemen pemasaran adalah salah satu kegiatan utama perusahaan untuk menjaga kelangsungan perusahaan, mengembangkan kegiatan pertukaran dan memanfaatkannya. Jauh sebelum produksi barang, proses pemasaran sudah berakhir dan tidak berakhir dengan penjualan.

Selain dari penjualan, kegiatan pemasaran ini juga harus memuaskan konsumen. Ini harus dilakukan oleh semua perusahaan agar kegiatan mereka berlanjut dan konsumen memiliki visi yang baik tentang perusahaan.

3. William J. Stanton
Menurut William J. Stanton, konsep manajemen pemasaran adalah sistem kegiatan bisnis global yang ditujukan untuk perencanaan, penetapan harga, promosi, dan distribusi barang / jasa yang dapat memuaskan konsumen.

4. Sofjan Assauri (2013: 12)
Menurut Sofjan Assauri, definisi manajemen pemasaran adalah aktivitas analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian beberapa program yang dikembangkan untuk pelatihan, pengembangan, dan pemeliharaan keuntungan yang dihasilkan dari transaksi / pertukaran melalui tujuan pasar untuk mencapai tujuan jangka panjang. Istilah perusahaan.

5. Basu Swastha (2008: 5)
Menurut Basu Swastha, definisi manajemen pemasaran adalah sistem global dari berbagai kegiatan komersial yang bertujuan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang / jasa yang dapat memenuhi kebutuhan pembeli yang ada dan potensial.

6. Buchori dan Djaslim (2010: 5)
Menurut Buchori dan Djaslim, konsep manajemen pemasaran mengacu pada proses perencanaan dan implementasi desain, harga, promosi dan distribusi ide, barang dan jasa untuk menghasilkan pertukaran orang yang memuaskan dan memenuhi tujuan organisasi.

7. Ben M. Eniy (2007: 130)
Menurut Ben M. Eniy, definisi manajemen pemasaran adalah proses untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh perorangan atau perusahaan.

Konsep Manajemen Pemasaran

Konsep manajemen pemasaran didefinisikan sebagai filosofi bisnis di mana memuaskan kebutuhan konsumen adalah persyaratan ekonomi dan sosial untuk kelangsungan pertahanan perusahaan. Tujuannya adalah untuk memenuhi harapan konsumen (Stanton, 1978).

Karena itu, setiap kegiatan pemasaran dalam bisnis harus diarahkan pada tujuan itu. Ada 3 elemen penting, termasuk konsep manajemen pemasaran, yaitu:

1. Berorientasi konsumen (berorientasi pasar)
Konsep pemasaran terbaik adalah memprioritaskan konsumen. Karena itu, dalam strategi pemasaran, selalu memberikan prioritas kepada konsumen.

Dalam pemasaran, konsumen umumnya dianggap sebagai raja dan produsen adalah pelayan yang memenuhi kebutuhan raja. Layanan manufaktur disediakan dengan menawarkan beberapa penawaran menarik mulai dari produk terbaik hingga layanan pelanggan.

2. Merencanakan kegiatan pemasaran.
Konfigurasi dinamis sebagai bentuk kegiatan pemasaran global. Semua kegiatan pemasaran, mulai dari strategi, implementasi, analisis, pengawasan dan kegiatan lain yang berkaitan dengan pemasaran, harus diatur secara terperinci.

Dengan cara ini, proses analisis dan pemantauan hasil pemasaran dapat dilakukan dengan baik. Ini pada akhirnya akan memfasilitasi penyelesaian penilaian dan tindakan korektif untuk kegiatan pemasaran.

3. Kepuasan konsumen
Kepuasan pelanggan adalah elemen terpenting dari pemasaran. Kepuasan konsumen diukur tidak hanya oleh kualitas produk, tetapi juga oleh cara di mana strategi pemasaran dilakukan.

Fungsi manajemen pemasaran

Perusahaan yang sedang berkembang atau perusahaan perlu memahami manajemen pemasaran yang baik, terutama di dunia yang terglobalisasi ini di mana banyak pesaing bersaing untuk pemasaran, bahkan di beberapa negara asing. Melalui artikel ini, kami akan menganalisis fungsi administrasi pemasaran dan fungsinya dalam mengembangkan bisnis Anda.

Perusahaan perlu mengelola pemasaran dan menjadikannya salah satu strategi terpenting untuk mencapai tujuan mereka. Departemen Pemasaran memiliki fungsi-fungsi berikut:

1. Fungsi pertukaran
Fungsi pertukaran dalam manajemen pemasaran dibagi menjadi dua fungsi utama, yaitu fungsi pembelian dan fungsi penjualan. Selain itu, fungsi pembelian berarti bahwa peran manajemen pemasaran adalah proses timbal balik dari kegiatan penjualan. Dengan cara ini, diperlukan strategi khusus, terutama pemahaman tentang kegiatan yang dapat memotivasi konsumen untuk membeli. Meskipun fungsi penjualan termasuk dalam kegiatan untuk menyatukan penjual dan pembeli, itu dapat dilakukan secara langsung atau melalui perantara.

2. fungsi fisik
Fungsi fisik manajemen pemasaran berfokus pada kegunaan waktu, lokasi dan bentuk yang harus dipertimbangkan dalam suatu produk ketika suatu produk diangkut, diproses dan disimpan di tangan konsumen. .

Jika tidak dipertimbangkan dan direncanakan dengan benar, bisnis dapat mengalami kerugian yang signifikan karena menangani produk yang tidak standar.

3. Fungsi menyediakan fasilitas.
Administrasi pemasaran juga memiliki fungsi menyediakan fasilitas karena akan dikaitkan dengan semua kegiatan yang dapat dimulai oleh operasi pemasaran. Fungsi pasokan fasilitas mencakup semua proses pengumpulan, komunikasi, klasifikasi, dan pembiayaan.

Tujuan Manajemen pemasaran

Secara umum, ada 6 tujuan manajemen pemasaran, termasuk:
1. Permintaan konstruksi
Penjualan hanya dapat terjadi jika ada permintaan konsumen. Untuk menghasilkan permintaan, beberapa upaya pemasaran diperlukan untuk membangkitkan minat dan keingintahuan konsumen akan produk tersebut.

2. Bangun kepuasan pelanggan
Tidak cukup bagi konsumen untuk meminta perusahaan mencapai tujuan mereka. Tujuan selanjutnya adalah meningkatkan kepuasan pelanggan dengan memahami kebutuhan / keinginan konsumen dan mengetahui bagaimana produk tersebut dapat memenuhi kebutuhan / keinginan tersebut.

3. Dapatkan pangsa pasar
Tujuan berikutnya dari manajemen pemasaran adalah untuk secara positif meningkatkan pangsa pasar produk. Pasar seperti kue, dan setiap potong kue adalah gambar pangsa pasar. Semua perusahaan mengharapkan peningkatan dan perluasan pangsa pasar atau penjualan mereka. Meskipun, kadang-kadang, satu-satunya tujuan mereka adalah mempertahankan pangsa pasar yang diperoleh.

4. Dapatkan untung
Tujuan utama dari semua bisnis adalah untuk menghasilkan keuntungan. Dan setiap perusahaan mendefinisikan manfaat nominal yang berbeda sebagai ukuran keberhasilannya. Menghasilkan laba nominal adalah salah satu tujuan manajemen pemasaran. Cara perusahaan menjual dengan nilai margin optimal dapat menghasilkan tingkat penjualan maksimum.

5. Dapatkan gambar seperti yang diharapkan
Selain menghasilkan laba, tujuannya adalah untuk mendapatkan gambar yang memenuhi harapan. Citra produk yang baik dan perusahaan akan memiliki efek positif pada perusahaan, dalam hal konsumen, mitra, investor dan tenaga kerja.

6. Pemeliharaan kelangsungan bisnis.
Pemasaran adalah ujung tombak perusahaan untuk mencapai tujuan penjualan, kepuasan, dan keuntungan. Itu sebabnya kelangsungan bisnis juga merupakan bagian dari tujuan manajemen pemasaran.

Oleh karena itu, tinjauan terhadap pengertian manajemen pemasaran dengan konsep, fungsi dan tujuan dalam suatu perusahaan. Perusahaan tidak dapat mencapai tujuan utamanya tanpa manajemen strategis yang baik.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Manajemen Keuangan: Definisi, Fungsi, Tujuan dan Konsep"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel