Pengertian Sejarah Secara Umum Adalah (Pengertian, Istilah, Aspek)

Sejarah Secara Umum Adalah - Kembali kali ini, saya akan berbagi artikel tentang pengertian sejarah menurut umum. Secara umum, pengertian sejarah adalah peristiwa yang terjadi di masa lalu dan yang disusun dari peninggalan berbagai peristiwa. Peninggalan ini adalah sumber sejarah. Pengertian Sejarah juga dapat diartikan sebagai "cabang ilmu pengetahuan yang secara sistematis mengajarkan semua perkembangan proses perubahan dan dinamika kehidupan masyarakat, dengan semua aspek kehidupan mereka hidup di masa lalu".

Pengertian Sejarah Menurut Bahasa

Pengertian sejarah menurut bahasa dibagi dua, yaitu pengertian sejarah dalam arti sempit dan dalam arti luas. Dalam arti sempit, memahami sejarah adalah suatu peristiwa atau peristiwa. Meskipun pengertian sejarah dalam arti luas adalah peristiwa manusia yang berakar pada realisasi diri dengan keputusan tentang kebebasan dan kekuatan spiritual. Dalam bahasa Indonesia, sejarah memiliki tiga makna: sejarah adalah silsilah atau asal usul, Sejarah adalah peristiwa atau kejadian yang benar-benar terjadi di masa lalu, dan sejarah adalah ilmu dan cerita.

Pengertian sejarah Menurut istilah

  • Dalam bahasa Inggris, kata History berasal dari kata Historia yang berarti masa lalu; masa lalu umat manusia.
  • Dalam bahasa Arab, kisah itu disebut sajaratun (syajaroh), yang berarti pohon dan keturunan, yang berarti bahwa ketika kita membaca silsilah raja, pohon akan muncul dari yang terkecil hingga yang terbesar. keluarga kerajaan di masa lalu.
  • Dalam bahasa Yunani, kata sejarah disebut istoria, yang artinya belajar. Dengan demikian, makna sejarah adalah ilmu yang mempelajari semua peristiwa, peristiwa yang terjadi di masa lalu dalam kehidupan umat manusia.
  • Dalam bahasa Jerman, kata sejarha disebut geschichte, yang berarti sesuatu yang telah terjadi, sesuatu yang terjadi di masa lalu kehidupan umat manusia.

Ruang Lingkup Sejarah

Ruang lingkup sejarah adalah pengertian yang menjadi sejarah sebagai ilmu. Ruang lingkup sejarah meliputi konsep sejarah, elemen sejarah, dan hubungan historis dengan sains. Berikut ini adalah penjelasan tentang ruang lingkup sejarah.

1. Konsep Sejarah

Konsep adalah bentuk kemampuan akal untuk membentuk gambar abstrak baru (tidak nyata) dari data atau studi.
  • Sejarah sebagai  peristiwa adalah peristiwa, realitas (realitas), realitas sejarah yang telah terjadi atau telah berlangsung di masa lalu. Kisah tersebut mengandung peristiwa yang terjadi atau terungkap di masa lalu.
  • Sejarah sebagai kisah adalah serangkaian cerita dalam bentuk narasi yang disusun menurut ingatan, interpretasi, manusia atau kesan.
  • Sejarah sebagai ilmu, belajar tentang kenyataan dengan meneliti dan mempelajari peristiwa sejarah. Sejarah sebagai ilmu memiliki beberapa kondisi ilmiah seperti kesimpulan empiris, objektif, teoretis dan umum (generalisasi).
  • Sejarah sebagai seni dianggap sebagai seni karena memerlukan kontribusi, imajinasi, emosi dan gaya bahasa dalam penulisan sejarah.

2. Unsur Sejarah

Sejarah terdiri dari 3 elemen, antara lain sebagai berikut.
  • Ruang adalah tempat suatu peristiwa terjadi yang menjadi bukti bahwa peristiwa sejarah itu nyata.
  • Waktu adalah elemen sejarah yang memainkan peran penting sebagai karakter krologis dalam studi sejarah, sehingga disebut konsep periodisasi.
  • Manusia adalah elemen sejarah yang menjadi aktor utama atau pemegang peran, karena peristiwa sejarah dapat terungkap dengan cara yang kompleks berdasarkan penalaran manusia dengan lingkungan yang ada.

Aspek Sejarah

Terdapat tiga aspek dalam sejarah masa lalu, sekarang dan masa depan, di antaranya:
  • Di masa lalu, ia adalah permulaan kembali kepada masa depan, sehingga sejarah mempunyai pelajaran dalam nilai dan moral.
  • Masa sekarang adalah cerita yang menjadi sumber pengertian untuk generasi pentadbir masyarakat masa lalu, sebagai cermin kehidupan sosial, kebangsaan dan negara.
  • Pada masa lalu, ia merupakan gambaran kehidupan dan budaya manusia untuk membentuk hubungan sebab-dan-akibat yang membolehkan peristiwa berlaku dalam kehidupan ini, walaupun tidak semestinya semua peristiwa atau peristiwa yang direkodkan dalam kehidupan. sejarah.

Pengertian Sumber Sejarah

Sumber sejarah adalah segala sesuatu yang menjadi pokok sejarah. Menurut Moh. Ali yang diberitahu pada sumber sejarah semua yang nyata dan tidak ketara berguna untuk penyelidikan sejarah dari zaman purba hingga sekarang. Dalam pada itu, Muh. Yamin bahawa sumber sejarah adalah koleksi objek budaya untuk membuktikan sejarah.

Jenis Sumber Sejarah 

Sumber sejarah dikumpulkan ke dalam beberapa jenis, termasuk seperti berikut :
  1. Sumber Lisan adalah sumber sejarah yang diperoleh secara langsung dari kenyataan para penulis sejarah atau saksi peristiwa masa lampau. Sebagai anggota badan perundangan Republik Indonesia (LVRI) yang sering menyerang masyarakat tentang peristiwa yang dialami oleh orang lain, apa yang dilihatnya dan apa yang dilakukannya adalah lisan (sumber lisan) digunakan sebagai bahan penyelidikan sejarah.
  2. Sumber Tertulis adalah sumber sejarah yang diperoleh daripada peninggalan bertulis, laporan peristiwa di masa lalu, seperti manuskrip, kertas, dokumen, tambo (arkib tahunan China), kronik dan rakaman.
  3. Sumber Seni (Artefak), merupakan sumber sejarah yang diperolehi oleh peninggalan objek budaya. Seperti kapak, permata, kuil, faien, mutiara dan ukiran. Tetapi sumber sejarah belum disahkan. Oleh itu, sumber-sumber sejarah memerlukan penyelidikan, penilaian, analisis dan tafsiran yang teliti oleh pakar.
Berdasarkan urutan yang menghantar sumber sejarah antara lain seperti berikut :
  • Sumber utama, adalah peninggalan asli cerita. Sebagai contoh, piagam, prasasti, kuil, kronik, yang berasal dari zamannya.
  • Sumber sekunder adalah artifak dari objek asalnya atau sumber penemuan ahli sejarah, laporan penyelidikan, dan terjemahan buku kuno.
  • Sumber Tersier, adalah buku-buku sejarah yang disusun berdasarkan laporan penyelidikan pakar tanpa melakukan penyelidikan langsung

3. Hubungan Sejarah dengan Sains

  1. Persamaan sejarah dengan sains - Persamaan sejarah sebagai sains berdasarkan pengalaman, pemerhatian dan penyerapan. Ia mempunyai asas teori dan kaedah.
  2. Perbedaan sejarah dengan sains - Perbezaan sejarah sebagai sains dapat difahami jika cerita itu dikaitkan dengan :
  • Sejarah terikat oleh waktu kerana masa memainkan peranan yang penting dalam sejarah. tetapi sains tidak terikat pada masa kerana ia bukanlah perkara penting sains
  • Sejarah terikat oleh tempat, kerana ia mempunyai sifat yang unik dan tidak biasa atau hanya berlaku sekali. Ciri-ciri unik dikaitkan dengan tempat atau ruang.
  • Sejarah terikat Oleh Kekhususan, kerana tempat dan masa menjadikannya unik dan istimewa.
Ini adalah maklumat mengenai sejarah, sejarah dan ruang linkup. Semoga rakan-rakan kita dapat menerima dan memberi manfaat kepada semua orang: pengertian sejarah menurut bahasa, pengertian sejarah secara umum, pengertian sejarah menurut istilah, aspek-aspek sejarah, pengertian sejarah menurut para ahli, ruang lingkup sejarah. Sekian terimakasih!

Referensi :
Marwan Supriyadi, Sejarah 1 untuk SMA / MA Kelas X / penyusun, Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.
Kartodirdjo, Sartono. 1993. Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel