Jelaskan Pengertian Globalisasi Ekonomi Dan Dampaknya

Globalisasi ekonomi dapat diartikan sebagai kehidupan ekonomi global dan terbuka, tanpa mengakui batas teritorial antar negara. Di sisi kegiatan investasi komersial dan liberalisasi perdagangan dan investasi dunia.

Globalisasi ekonomi terkait erat dengan perdagangan bebas. Perdagangan bebas berupaya menciptakan area perdagangan yang semakin besar dan menghilangkan hambatan untuk memperlancar perdagangan internasional.
 
 
Pengertian globalisasi ekonomi adalah proses kegiatan ekonomi dan komersial, di mana berbagai negara di dunia menjadi kekuatan pasar yang semakin terintegrasi, tanpa hambatan atau batasan wilayah negara. Globalisasi ekonomi ini berarti bahwa perlu untuk menghilangkan semua pembatasan dan hambatan untuk pergerakan barang, jasa, dan modal.

Perwujutan Nyata globalisasi ekonomi menurut Tanri Abeng hadir dalam bentuk berikut:
  1. Globalisasi produksi. Dalam hal ini, perusahaan memproduksi di berbagai negara untuk mengurangi biaya produksi. Upaya ini dilakukan baik karena biaya tenaga kerja yang rendah, tarif yang rendah, infrastruktur yang memadai, atau iklim usaha dan politik yang menguntungkan atau mendukung. Dunia di negara bagian ini adalah situs manufaktur global.
  2. Pendanaan globalisasi. Perusahaan global dalam hal ini memiliki akses ke pinjaman atau kegiatan investasi (dalam bentuk portofolio atau langsung) di semua negara di dunia. Misalnya, PT. Telkom untuk menambah unit saluran telepon, atau PT. Dalam upayanya memperluas jaringan jalan tol, Jasa Marga telah menggunakan sistem pembiayaan build-Operate-Transfer (BOT) dengan mitra dagang asing.
  3. Globalisasi tenaga kerja. Kehadiran pekerja asing merupakan gejala globalisasi di bidang pekerjaan. Perusahaan global dalam situasi ini akan dapat menggunakan tenaga kerja dunia sesuai dengan levelnya, misalnya dengan mempekerjakan staf profesional dari pekerja dengan pengalaman internasional atau mempekerjakan pekerja tidak terampil pada umumnya. dari negara berkembang.
  4. Globalisasi jaringan informasi. Bentuk globalisasi jaringan informasi terlihat dalam masyarakat suatu negara di mana mudah dan cepat untuk mendapatkan informasi dari berbagai negara di dunia berkat kemajuan teknologi, terutama melalui: radio, televisi, media cetak, dll. Jaringan komunikasi yang semakin maju sedang memperluas pasar di seluruh dunia untuk produk yang sama. Misalnya: Levi's, KFC, atau hamburger jeans yang telah menaklukkan pasar di seluruh dunia. Ini berdampak pada selera populasi di dunia, di kota-kota dan desa-desa dan pada selera dunia.
  5. Globalisasi perdagangan. Di sektor perdagangan, globalisasi menghasilkan keseragaman dan pengurangan tarif dan penghapusan hambatan non-tarif. Akibatnya, kegiatan komersial dan kompetisi menjadi semakin terbatas, cepat dan merata.

Dampak positif dan negatif dari globalisasi ekonomi

Dampak globalisasi ekonomi dapat dibagi menjadi dampak positif dan negatif.

Dampak positif globalisasi ekonomi adalah:

  1. Peningkatan produksi dunia. Dengan spesialisasi dan perdagangan, faktor-faktor global produksi dapat digunakan secara lebih efisien, produksi dunia meningkat, dan orang-orang diuntungkan dalam bentuk peningkatan pendapatan, yang dapat menggandakan peningkatan dalam tabungan.
  2. Peningkatan kesejahteraan di suatu negara. Perdagangan bebas yang lebih luas memungkinkan orang di banyak negara untuk mengimpor barang dari luar negeri. Hal ini menyebabkan konsumen memiliki lebih banyak pilihan produk. Selain itu, konsumen dapat menikmati produk dengan harga lebih rendah dan lebih baik.
  3. Spread pasar produk domestik. Perdagangan luar negeri yang lebih bebas memungkinkan setiap negara memiliki pasar yang jauh lebih luas daripada pasar domestik.
  4. Dapatkan lebih banyak modal dan tingkat teknologi yang lebih baik. Modal itu dapat diperoleh dari investasi asing dan terutama untuk negara berkembang karena kurangnya modal, tenaga yang berkualitas dan tenaga ahli yang berpengalaman.
  5. Berikan dana tambahan untuk pengembangan di bidang ekonomi. Pengembangan di berbagai sektor lain tidak hanya menyangkut perusahaan asing, tetapi terutama investasi oleh perusahaan swasta domestik. Perusahaan ini sering membutuhkan modal dari bank atau pasar saham. Dana asing, terutama yang dari negara-negara maju yang memasuki pasar uang dan pasar modal domestik, berkontribusi untuk menyediakan modal yang diperlukan.

Dampak negatif globalisasi ekonomi :

  1. Menghambat pertumbuhan di sektor industri. Globalisasi ekonomi mencegah negara berkembang dari menggunakan tarif tinggi untuk melindungi industri baru (industri bayi). Dengan demikian, perdagangan luar negeri yang cukup bebas menciptakan hambatan bagi negara-negara berkembang dalam mempromosikan sektor industri. Selain itu, meningkatnya ketergantungan pada industri milik perusahaan multinasional
  2. Memburuknya neraca pembayaran. Globalisasi ekonomi cenderung meningkatkan barang impor. Sebaliknya, jika suatu negara tidak dapat bersaing, ekspor tidak akan tumbuh. Kondisi ini dapat memperburuk neraca pembayaran. Efek negatif lain pada neraca pembayaran adalah bahwa pembayaran laba bersih untuk faktor-faktor produksi dari luar negeri cenderung mengarah pada defisit. Peningkatan investasi asing mengarah pada peningkatan aliran pembayaran laba (pendapatan) dari investasi di luar negeri.
  3. Sektor keuangan semakin tidak stabil. Peningkatan modal investasi portofolio (modal) adalah salah satu efek dari globalisasi. Investasi dalam kasus ini terutama melibatkan partisipasi dana dari luar negeri di pasar saham. Ketika pasar saham meningkat, dana ini akan masuk, neraca pembayaran akan meningkat dan nilai mata uang akan membaik. Dan sebaliknya, ketika harga saham jatuh, dana nasional pergi ke luar negeri, neraca pembayaran cenderung memburuk dan nilai mata uang nasional turun. Ketidakstabilan di sektor keuangan ini dapat berdampak buruk pada stabilitas kegiatan ekonomi global.
  4. Memburuknya prospek pertumbuhan ekonomi jangka panjang. Jika hal di atas berlaku untuk suatu negara, pertumbuhan ekonomi menjadi tidak stabil dalam jangka pendek. Dalam jangka panjang, pertumbuhan ini akan mengurangi laju pertumbuhan ekonomi. Pendapatan nasional dan peluang kerja akan memperlambat pertumbuhan dan masalah pengangguran tidak dapat diatasi atau bahkan diperburuk.
Ini adalah pengertian globalisasi ekonomi dan dampak positif / negatifnya. Artikel yang berkaitan dengan gagasan globalisasi di bidang politik, budaya, dll. dapat ditemukan di artikel terkait di blog ini. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel