Jelaskan Pengertian Globalisasi Komunikasi dan Dampaknya

Pengertian globalisasi bidang komunikasi adalah

sebuah proses mendunia yang bisa membuat kita berkomunikasi dengan seseorang yang keberadaannya jauh. Globalisasi di bidang teknologi dan informasi adalah terhubungnya negara satu dengan negara lainnya, serta informasi antar negara bisa diketahui dalam waktu yang singkat.

Kemajuan teknologi adalah kenyataan dari perkembangan globalisasi. Kemajuan teknologi dan komunikasi membuat hidup lebih mudah bagi semua orang. Globalisasi adalah proses penyebaran elemen-elemen baru, khususnya yang berkaitan dengan informasi global melalui media cetak dan elektronik. Globalisasi dibentuk oleh kemajuan yang dibuat dalam bidang komunikasi global. Istilah globalisasi telah digunakan untuk pertama kalinya oleh Theodore Levitt pada tahun 1985, yang mengacu pada ekonomi politik, terutama politik perdagangan bebas dan transaksi keuangan. Revolusi elektronik dan disintegrasi negara-negara komunis secara historis telah muncul dari globalisasi. Revolusi elektronik melipatgandakan komunikasi, transportasi, produksi dan informasi. Disintegrasi negara-negara komunis yang mengakhiri perang dingin telah memungkinkan kapitalisme Barat menjadi satu-satunya kekuatan yang menganut hegemoni dunia.


Globalisasi mempengaruhi hampir setiap aspek kehidupan manusia. Beberapa orang mungkin menerima globalisasi, seperti generasi muda, penduduk berstatus tinggi dan masyarakat perkotaan. Namun, ada juga orang yang kesulitan menerima atau bahkan menolak globalisasi, seperti komunitas di daerah terpencil, generasi tua yang hidupnya mandek, dan orang yang tidak siap secara fisik dan mental. Globalisasi terjadi melalui berbagai saluran, termasuk:
  1. lembaga pendidikan dan ilmiah;
  2. lembaga keagamaan;
  3. Industri internasional dan lembaga komersial;
  4. pariwisata asing;
  5. saluran komunikasi dan telekomunikasi internasional;
  6. lembaga internasional yang mengatur peraturan internasional; dan
  7. lembaga publik seperti hubungan diplomatik dan konsuler.
Komunikasi global adalah kemampuan untuk menyediakan dan mengakses informasi melalui pidato, mendengar, membaca dan menulis. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memang telah dirasakan oleh semua masyarakat. Komputer, mesin faks, telepon seluler, acara TV global, dan satelit telah mempercepat arus informasi secara internasional. Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah menjadi kenyataan sehari-hari dan bahkan menjadi tuntutan masyarakat yang tidak bisa lagi dinegosiasikan. Tujuan utama pengembangan teknologi adalah mengubah masa depan kehidupan manusia menjadi dunia yang lebih baik, lebih mudah, lebih murah, lebih cepat dan lebih aman. Perkembangan teknologi informasi (teknologi informasi) seperti Internet sangat mendorong semua orang untuk mencapai tujuan hidupnya dalam waktu singkat, baik legal maupun ilegal, membenarkan segala cara. untuk mendapat untung. Efek berbahaya dari perkembangan dunia maya tidak dapat dihindari dalam kehidupan masyarakat modern saat ini dan di masa depan. Kemajuan teknologi informasi semua-digital membawa semua orang ke dunia bisnis yang revolusioner karena lebih mudah, lebih murah, nyaman dan memungkinkan komunikasi yang dinamis dan pengiriman informasi.

Tahun demi tahun, bidang informasi dan teknologi telah berkembang pesat. Pada dasarnya, informasi adalah pesan, baik pesan fakta maupun opini dalam hubungan saling pengaruh antara donor pesan dan penerima pesan. Tetapi sekarang, kebutuhan informasi dari masyarakat global bukan lagi fakta yang akurat dan nyata, tetapi presentasi yang cepat. Evolusi yang cepat di bidang informasi didukung oleh evolusi teknologi informasi. Menurut sumber yang saya baca, evolusi teknologi informasi maju ke arah globalisasi komunikasi cenderung mempengaruhi tingkat peradaban manusia.

Kami menyadari bahwa perkembangan teknologi informasi selama dekade terakhir telah berkembang sangat pesat dan telah memiliki banyak dampak, baik positif maupun negatif, pada sistem kehidupan orang di berbagai belahan dunia. dunia dan tidak mengecualikan kemungkinan bahwa teknologi informasi terus tumbuh dan menjadi lebih kuat, lebih mudah dijangkau, lebih beragam dan kemajuan lebih sederhana.

Dampak positif globalisasi teknologi dan informasi komunikasi:

  1. Klarifikasi wacana wacana yang tetap membingungkan;
  2. Tambahkan nilai-nilai baru ke masyarakat karena komunikasi dapat menjadi alat sosialisasi publik;
  3. Periode komunikasi menunjukkan kepada pemirsa bahwa standar hidup sesuai untuk manusia.
  4. Peningkatan pengetahuan masyarakat tentang informasi yang berguna dan pengembangan keterampilan kognitif;
  5. Komunikasikan jam hiburan, seperti dengan menonton berita ringan atau menonton acara hiburan, semangat publik dapat dihidupkan kembali.

Dampak negatif globalisasi komunikasi dan teknologi:

  1. Kurangnya nilai, norma dan budaya dalam masyarakat
  2. Keberadaan acara yang salah ditampilkan di media dapat menyebabkan pengguna media baru berperilaku tidak tepat.
  3. Akan ada ketergantungan pada media jika pengguna menggunakannya sebagai saluran untuk mencari informasi.
Singkatnya, organisasi sosial ini adalah asosiasi orang Indonesia di dunia maya yang ramah pengguna dan mudah digunakan yang beradaptasi dengan segala usia, gender, dan masyarakat. Tujuannya adalah bangsa Indonesia, karena pengetahuan budaya saat ini hanya menggunakan media yang kurang dicari. sebuah faktor. Pengambilan sampel di jejaring sosial Facebook sekarang menjadi perhatian bagi hampir semua pengguna Internet yang terhubung internet yang membuka jejaring sosial ini di Indonesia. Pembelajaran organisasi sosial ini disajikan dalam format yang berbeda dan sehingga menjadi akrab, seperti Facebook, tetapi kelemahan Facebook seringkali lemah. kejahatan terjadi seperti yang dijelaskan. Dan itu juga manfaat organisasi sosial Cyber, Culture and Community. Dalam organisasi ini, kita dapat saling mengenal dan berkomunikasi melalui situs. Kegiatan utama mereka adalah selalu memperkuat solidaritas dan melestarikan atau memperdalam budaya dan pengetahuan, seperti mengobrol, mengunduh video / foto / catatan. / Permainan budaya, katalog budaya nasional, konferensi, festival budaya nasional, dll. Berbagai jenis kejahatan yang telah terjadi, seperti Facebook dan lainnya, akan diorganisir sedemikian rupa sehingga tidak ada unsur penipuan, kesalahpahaman, saling menghina dan p0rn0grafi dalam organisasi ini.

Hubungan antara kelompok etnis, ras, kelompok atau suku di Indonesia serta kondisi budaya Indonesia berdasarkan fenomena dan sastra semuanya menjelaskan bahwa kondisi hubungan antara suku, ras, kelompok atau suku di Indonesia dapat mengalami perpecahan dan untuk disintegrasi, sedangkan kondisi budaya Indonesia adalah sejumlah besar klaim budaya yang terjadi di Indonesia dan dilakukan oleh pihak asing untuk kepentingan tertentu. Kemajuan teknologi dalam bentuk Internet berdampak pada budaya dan persatuan bangsa Indonesia dalam bentuk fasilitas yang mampu memperluas komunikasi di nusantara dan di dunia, yang benar-benar dapat untuk mempengaruhi persatuan atau rasa solidaritas rakyat Indonesia. promosi atau pendalaman budaya atau untuk mempertahankan budaya. Hubungan antara Cyber, Budaya dan Komunitas dengan semangat kebangsaan di bawah moto "Unity in Diversity" adalah fenomena pengguna Internet di Indonesia yang berubah sangat cepat, serta masalah budaya seperti klaim budaya Indonesia oleh negara lain dan konflik antaretnis.

Input informasi akan memiliki dampak sosial pada kehidupan masyarakat, informasi dapat mempercepat atau memperlambat pengambilan keputusan, informasi memiliki kekuatan, baik yang konstruktif dan destruktif. Menanggapi informasi berdasarkan kemampuan penerima untuk menggunakannya secara proporsional. Jadi pada dasarnya, informasi memiliki kekuatan, apakah itu membangun atau merusak, tergantung pada kemampuan masyarakat untuk menggunakan informasi secara proporsional. Globalisasi informasi dan komunikasi memiliki dampak besar pada semua aspek kehidupan, baik positif maupun negatif. Terutama di bidang budaya, dengan globalisasi informasi dan komunikasi, budaya masyarakat Indonesia tidak lagi seperti itu, globalisasi telah menghilangkan nilai-nilainya. Ini juga telah mengubah masyarakat Indonesia menjadi masyarakat yang mencintai sesuatu secara instan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel