Jelaskan Apa Pengertian Sejarah Menurut Bahasa dan Istilah

Sejarah Menurut Bahasa Adalah

Sejarah menurut bahasa mempunyai arti sempit dan makna luas. Makna sempitnya adalah kejadian atau peristiwa sedangkan maknanya yang luas adalah peristiwa manusia yang berakar pada realisasi diri dengan keputusan kebebasan dan kekuatan spiritual.

Pengertian Sejarah menurut bahasa

Pengertian sejarah menurut bahasa dibagi dua, yaitu pengertian sejarah dalam arti sempit dan dalam arti luas. Dalam arti sempit, pengertian sejarah adalah suatu peristiwa atau peristiwa. Meskipun pemahaman sejarah dalam arti luas adalah peristiwa manusia yang berakar pada realisasi diri dengan keputusan tentang kebebasan dan kekuatan spiritual. Dalam bahasa Indonesia, sejarah mempunyai tiga makna: sejarah adalah silsilah atau asal usul, sejarah adalah peristiwa atau peristiwa yang benar-benar terjadi di masa lalu, dan sejarah adalah ilmu dan cerita.

Menurut istilah sejarah adalah

  • Dalam bahasa Arab berasal dari kata Syajaroh yang berarti pohon dan keturunan. Pohon dan produk ditafsirkan sebagai silsilah raja-raja masa lalu
  • Dalam bahasa Yunani muncul kata Istoria yang berarti belajar, jadi sejarah adalah ilmu yang mempelajari peristiwa dan kejadian masa lalu
  • Dalam bahasa Inggris itu berasal dari kata Historia yang mempunyai makna masa lalu umat manusia
  • Dalam bahasa Jerman muncul kata Geschichte yang berarti sesuatu yang terjadi pada manusia di masa lalu

Pengertian Sejarah Menurut Istilah Lengkap

  • Dalam bahasa Inggris, kata sejarah berasal dari kata History yang berarti masa lalu; masa lalu umat manusia.
  • Dalam bahasa Arab, kita menyebut sajaratun (syajaroh), yang berarti pohon dan keturunan, yang berarti bahwa ketika kita membaca silsilah raja, akan ada pohon dari yang terkecil hingga yang terbesar, maka ini akan didefinisikan sebagai silsilah raja, yang berarti acara pemerintah. keluarga kerajaan di masa lalu.
  • Dalam bahasa Yunani, kata sejarah disebut Istoria yang berarti belajar. Dengan demikian, makna sejarah adalah ilmu yang mempelajari semua peristiwa, peristiwa yang terjadi di masa lalu dalam kehidupan umat manusia. 
  • Dalam bahasa Jerman, kata sejarah disebut dengan Geschichte, yang berarti sesuatu yang telah terjadi, sesuatu yang terjadi di masa lalu kehidupan umat manusia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel