Pengertian Globalisasi Budaya Dan Contohnya Lengkap

Pengertian Globalisasi Budaya - Globalisasi sangat berpengaruh sekali, hampir dalam hal aspek yang ada di masyarakat yang memasukkan aspek budaya. Suatu budaya dapat diartikan sebagai nilai - nilai yang dianut oleh masyarakat atau persepsi milik warga negara dari berbagai hal.


Baik nilai maupun persepsi terkait dengan aspek aspek psikologis, yaitu apa yang terkandung dalam pikiran. Dalam hal aspek-aspek psikologis ini, banyak hal sangat penting, yang berarti bahwa, jika dipahami, perilaku seseorang sangat dipengaruhi oleh apa yang ada dalam pikiran orang yang bersangkutan. Salah satu hasil pemikiran dan penemuan seseorang adalah seni, yang merupakan subsistem budaya.

Pengertian Globalisasi Budaya

Globalisasi budaya adalah suatu penyebaran makan, gagasan, dan nilai ke seluruh dunia dengan cara - cara tertentu guna memperluas serta mempererat hubungan sosial.

Contoh Globalisasi Budaya

Peningkatan Imigrasi

Tidak aneh lagi bahwa setiap tahun sendirian di Indonesia kedatangan jutaan orang asing, termasuk wisatawan asing. Tentu saja, mereka membawa budaya masing-masing dan kita harus dapat menyaring budaya yang masuk.

Pengruh mode luar negeri

Contoh globalisasi di bidang budaya adalah dimasukkannya mode publik Indonesia yang saat ini dalam mode yang sedang tren di Indonesia, ini adalah mode Korea, Jepang dan Amerika Serikat.

Berkembangnya budaya asing

Budaya asing yang berkembang di Indonesia tidak dapat lagi dihindari, salah satunya adalah budaya Kpop Korea Selatan, kita mengoptimalkan sisi nilai-nilai positifnya dan dari sisi negatif kita harus mengeluarkannya dari tanah air kita.

Tersingkirnya budaya nasional

Dalam contoh lain globalisasi budaya yang sangat disayangkan adalah memudarnya budaya asli Indonesia, tidak sedikit orang Indonesia yang cenderung lebih menyukai budaya asing.

Terjadinya pertukaran budaya

Salah satu hal positif bagi Indonesia dalam globalisasi adalah terjadinya pertukaran budaya antara Indonesia dan negara-negara lain. Dengan ini, semakin meningkatkan eksistensi budaya Indonesia di mata Internasional.

Ini adalah Pengertian Globalisasi Budaya Dan Contohnya Lengkap. Semoga dengan ulasan ini Anda dapat menambah pengetahuan Anda, terima kasih banyak atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel