Jelaskan Pengertian Sejarah Sebagai Peristiwa dan Contohnya

Sejarah sebagai peristiwa dapat diartikan sebagai peristiwa manusia masa lalu (historie realita), sehingga hanya terjadi satu kali, yakni ketika peristiwa itu terjadi, sehingga bahwa hal ini tidak mungkin terjadi lagi di masa depan. berbeda dari peristiwa sebelumnya, walaupun peristiwa serupa, tetapi tempat dan waktu, serta para aktor (aktor), adalah cerita yang berbeda. sering ada juga istilah historis yang berulang, pada kenyataannya berulang bukanlah peristiwa, tetapi gejala peristiwa itu berulang.


Ciri - ciri utama dari sejarah sebagai peristiwa adalah seperti berikut ini :
  • Abadi. Suatu peristiwa historis dikatakan abadi karena peristiwa itu tidak berubah. Suatu peristiwa yang telah terjadi dan tidak akan berubah atau diubah. Karena itu, peristiwa di atas diingat selamanya.
  • Unik. Suatu peristiwa sejarah dikatakan unik karena peristiwa itu hanya terjadi sekali. Peristiwa ini tidak dapat diulang jika Anda ingin mengulang, itu tidak akan tepat.
  • Penting. Suatu peristiwa sejarah dianggap penting karena peristiwa yang terjadi memiliki arti bagi seseorang dan bahkan dapat menentukan kehidupan banyak orang.

Kita tidak bisa mengatakan bahwa semua peristiwa adalah sejarah. Realitas historis dapat diketahui melalui bukti sejarah yang dapat menjadi saksi atas peristiwa yang telah terjadi. Agar suatu peristiwa memenuhi syarat sebagai historis, ia harus memenuhi karakteristik berikut.
  1. Peristiwa ini terkait dengan kehidupan manusia sebagai individu dan kelompok
  2. Perhatikan dimensi ruang dan waktu (kapan dan di mana)
  3. Peristiwa ini dapat dikaitkan dengan peristiwa lain
  4. Adanya hubungan sebab akibat dari peristiwa tersebut.
  5. Peristiwa sejarah yang terjadi adalah perubahan hidup.
Ini karena sejarah pada dasarnya adalah perubahan dalam kehidupan manusia. Selain itu, sejarah mempelajari aktivitas manusia dalam konteks temporal. Perubahan ini dapat mencakup berbagai aspek kehidupan seperti politik, sosial, ekonomi dan budaya. Peristiwa adalah fakta absolut atau absolut dan objektif. Sejarah sebagai peristiwa adalah realitas objektif, yaitu realitas yang benar-benar ada dan terjadi dalam kehidupan masyarakat manusia. Fakta ini bisa dilihat dari fakta sejarah. Peristiwa bersejarah ini dapat dilihat dari berbagai aspek kehidupan manusia seperti peristiwa politik, ekonomi dan sosial.

Sejarah Sebagai Peristiwa Adalah

Sejarah sebagai suatu peristiwa adalah fakta, peristiwa dan kenyataan yang benar-benar terjadi di masa lalu, yang kemudian digunakan untuk merekonstruksi peristiwa pada masa itu.
Sejarah sebagai sejarah adalah bahwa peristiwa masa lalu direkonstruksi berdasarkan ingatan atau interpretasi seseorang.
Sejarah sebagai ilmu adalah pengetahuan tentang masa lalu yang diatur secara sistematis dan memiliki metode studi ilmiah untuk mendapatkan kebenaran.
Sejarah sebagai seni adalah kemampuan untuk menulis dengan baik dan menarik tentang cerita / peristiwa di masa lalu.
Konsep-konsep dalam studi sejarah beragam dan salah satunya adalah SEJARAH SEBAGAI PERISTIWA atau kenyataan, juga dikenal sebagai Ihistoir Realite  dan History as Event.

Sejarah sebagai PERISTIWA berarti bahwa sejarah dilihat sebagai peristiwa nyata atau nyata atau peristiwa yang terjadi di masa lalu.

Namun, tidak semua peristiwa yang terjadi di masa lalu dapat diklasifikasikan sebagai sejarah karena tidak semua peristiwa ini memiliki hubungan atau hubungan dengan kehidupan manusia dan perkembangan sosial.

Contoh Sejarah Sebagai Peristiwa

Peristiwa yang dapat dikategorikan sebagai peristiwa sejarah, misalnya:
  1. Ledakan bom atom di Hiroshima Jepang.
  2. Serangan Belanda ke Yogyakarta dalam agresi militer II.
  3. Penculikan Soekarno dan Hatta sebelum proklamasi.
  4. Dan sebagainya.
Semua peristiwa yang disebutkan di atas benar-benar terjadi dan berdampak besar pada kehidupan umat manusia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel